Maling Konter HP Ditangkap

Maling Konter HP Ditangkap

PortlTuban/ Tuban - Aksi seorang pria membobol konter handphone (HP) di Desa Simorejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, yang terekam kamera CCTV saat beraksi berhasil diringkus Polisi di kediamannya.

Saat gelar konferensi pers di Mapolres, Kapolres Tuban AKBP Darman menjelaskan, pelaku beraksi sendirian pada hari  Jumat (17/9/2021) siang hari sekitar pukul 12.00 WIB, tersangka berangkat dari rumah menuju ke konter milik korban, lalu memetakan lokasi dan melihat sekitar, Setelah merasa aman kemudian masuk ke dalam konter dengan cara meloncati etalase.

"Pada saat itu karena ditinggal korban masuk ke dalam rumah, dan etalase tidak dalam keadaan terkunci, sehingga tersangka dengan mudah membuka pintu etalase lalu mengambil uang yang berada di dalam etalase sebesar Rp 10 juta," terang Kapolres didampingi Kasatreskrim AKP M.Adhi Makayasa, Senin (27/9/2021).

Karena suasana sedang sepi, dan para warga sedang Sholat Jumat, pelaku dengan leluasa menggasak uang tunai 10 juta. Darman melanjutkan, setelah mengambil uang tersebut, tersangka bergegas melarikan diri menggunakan sepeda motor dan pergi meninggalkan konter HP itu.

"Uang hasil pencurian digunakan oleh tersangka untuk membayar pinjaman di bank dan kebutuhan," jelasnya.

Kemudian karena uangnya dicuri, korban melapor ke Polsek Widang dibantu Unit Opsnal Polres Tuban langsung melakukan olah TKP, memeriksa para saksi dan mengumpulkan bukti petunjuk yang ada di TKP yaitu rekaman CCTV.

Dari hasil bahan keterangan yang didapat, pelaku dapat diindentifikasi, sehingga tersangka berhasil ditangkap pada hari Jumat (24/9/2021) di rumahnya berikut barang bukti yang digunakan untuk melakukan aksi kejahatan.

"Pelaku menyerahkan diri setelah sudah mengetahui didatangi petugas sehingga berhasil diringkus tanpa perlawanan," ujar Darman.

Lebih lanjut Darman mengungkapkan, tersangka mengaku uang hasil curiannya dipergunakan untuk membayar pinjaman Bank serta untuk keperluan sehari-hari.

"Dari pengakuan tersangka terlilit hutang koperasi harian," beber pria asal Demak ini.

Karena perbuatan menggasak uang Rp 10 juta, MI (29) warga Desa Tegalrejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini melanggar pasal 362 KUH Pidana dan terancam hukuman 5 tahun penjara.

‘’Saat ini tersangka ditahan di Rutan Polres Tuban untuk menjalani serangkaian proses penyidikan lebih lanjut,’’ pungkasnya.