Hari Koperasi dan UMKM Momentum Bangkitkan Ekonomi

Hari Koperasi dan UMKM Momentum Bangkitkan Ekonomi
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat memberikan sambutan dan arahan kepada pengurus Dekopinda Tuban dalam peringatan hari koperasi ke-74 dan UMKM ke-6 di Pendopo Kridho  

Portaltuban.com – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menyebut peringatan hari koperasi ke-74 dan UMKM ke-6 menjadi momentum bangkitkan ekonomi dan mengembangkan koperasi serta produk usaha mikro. Bersinergi dengan desa dan daerah diharapkan menjadi kunci mewujudkan visi misi pemerintahannya.

“Dekopinda menjadi forum bagi pegiat koperasi sekaligus mitra Pemkab Tuban. Karenanya, harus mampu mengakomodir kepentingan dari pegiat koperasi,” katanya saat memberikan sambutan pada acara resepsi hari koperasi dan UMKM di Pendopo Kridho, Rabu (06/10).

Langkah ini diharapkan menjadi stimulus pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Selaras dengan tujuan tersebut, Mas Bupati sapaan akrabnya meminta Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag Tuban) memberi pendampingan kepada Dekopinda Tuban, dan UMKM agar mampu berkembang dan bersaing hingga di pasar nasional dan global.

“Hal ini selaras dengan visi misi kami, yaitu mbangun deso nata kutho, satu desa satu unggulan, perekonomian bergerak ditingkat rumah tangga,” ungkapnya.

Pada masa pandemi Covid-19, lanjut Mas Bupati, koperasi dan UMKM diharapkan mampu terlibat langsung dalam pemulihan ekonomi masyarakat. Hendaknya juga diimbangi dengan peningkatan SDM dan kompetensi untuk menyerapkan kemajuan teknologi.

Sementara itu, Ketua Dekopinwil Jawa Timur, Slamet Sutanto, menambahkan koperasi harus bersinergi dengan BUMD, BUMDes, dan UMKM untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat. Kata dia, Dekopin menjadi rumah besar koperasi yang memiliki tanggung jawab mengakomodir kepentingan koperasi dan anggotanya. Salah satunya meningkatkan promosi guna menambah pemahaman masyarakat tentang koperasi. 

“Anggota koperasi harus mampu beradaptasi dengan mengadopsi teknologi agar dapat bersaing di era digitalisasi. Serta terus memupuk semangat untuk bersaing dengan sehat,” tuturnya.

Di tempat sama Ketua Dekopinda Tuban, Ruddys Sampurno Winasis melaporkan rangkaian Hari Koperasi dan HUT UMKM tahun 2021 dilaksanakan kegiatan  bakti sosial bagi anak yatim dan panti asuhan, lomba pengolahan potensi lokal desa yang diikuti pelaku UMKM Tuban.

Ruddys mengaku, pihaknya siap mendukung pelaksanaan visi misi Pemkab Tuban. Diantaranya, meningkatkan nilai tambah sektor pertanian secara luas, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, perindustrian, dan perdagangan.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan pengurus Dekopinda Kabupaten Tuban 2020-2025. Diserahkan pula penghargaan kepada pelaku UMKM pemenang lomba olahan potensi desa. [amin]