Cetak Generasi Emas, KPP Pratama Surabaya Karangpilang Adakan Patur

Cetak Generasi Emas, KPP Pratama Surabaya Karangpilang Adakan Patur
Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Eko Radnadi Susetio

Portaltuban.com - KPP Pratama Surabaya Karangpilang kembali menggelar Pajak Bertutur (Patur) tahun 2021 melalui zoom meeting yang diikuti oleh pelajar dari SMP Kristen Petra 1, Surabaya dan SMP Margie, Surabaya pada Rabu (25/8).

 

Jika bulan lalu KPP Pratama Surabaya Karangpilang membahas tentang kreditabilitas dan membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM), kini kantor pajak yang berada di surabaya barat tesebut menyasar pelajar untuk ditanamkan pentingnya pajak bagi generasi emas

 

Acara sejak pagi sudah dimulai. Moderator sekaligus Asisten penyuluh KPP Pratama Surabaya  Karangpilang, Noval sejak awal sudah mulai mensosialisasikan para pelajar untuk mengerti akan pentingnya membayar pajak.

 

"Saat ini saya sebagai asisten penyuluh pajak petutur mengajak adik - adik pelajar khusus nya pelajar SMP agar pentingnya melakukan pembayaran pajak", ungkapnya.

 

Edukasi dalam acara Patur hari ini mengusung tema "Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara”. Tersirat bahwa generasi muda dari kalangan pelajar harus mulai ditanamkan kesadran pajak dengan baik. Mulai dari kegunaan pajak, sumber pajak, hingga manfaat pajak untuk keberlangsungan sebuah bangsa.

 

Dalam hal ini harus diketahui apa itu pajak. Karena masih banyak hal yang harus dibayarkan untuk negara dan juga kewajiban bagi seluruh warga negara yang wajib pajak untuk dilaporkan.

 

 

 

Antusiasme para peserta zoom yang diikuti oleh  pelajar yang ada di Surabaya tersebut membuat acara semakin meriah dan tidak monoton. Karena di dalamnya ada  sesi tanya jawab dan reword bagi para peserta aktif dan berhasil menjawab pertanyaan dari moderator.

 

Naomi salah satu peserta pajak aktif dalam kuis interaktif tersebut. Siswa yang sekarang duduk di bangku SMP tersebut begitu antusias tentang materi perpajakan. Senada juga dirasakan oleh peserta lain, William, pemberian hadiah dan sesi tanya jawab menjadikannya menambah wawasan akan pajak.

 

“kegiatannya seru sekali dan dapat mengenalkan pajak kepada siswa/siswi dengan cara yang mudah dipahami. Banyak games interaktif sehingga siswa bisa bermain sambil belajar tentang pajak”

 

 

Seirama juga dirasakan oleh Kepala Sekolah SMP Kristen Petra 1 Surabaya, Yurui,S.Pd.,M.M. Bahwa pihaknya merasa senang dengan adanya kegiatan Patur ini. Karena telah memberikan pembekalan program inklusi bagi siswa siswinya.

 

“KPP Pratama Surabaya Karangpilang dan Direktorat Jenderal Pajak memberikan kesempatan luar biasa bagi Siswa/i dengan memberikan Pembekalan Program Inklusi Pajak untuk Generasi Muda sehingga kesadaran pajak di masa yang akan datang akan meningkat. Pembangunan Infrastruktur Negara dan kesejahteraan kita bersama merupakan salah satu manfaat dari Pajak yang kita bayar, sehingga dengan sadar pajak kita telah mewujudkan cinta kita terhadap Indonesia.” Ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Eko Radnadi Susetio mengatakan bahwa pihaknya sangat berterimaksih kepada pihak sekolah dan seluruh peserta yang telah menyempatkan waktunya untuk mengikuti kegiatan rutin tahunan ini. Besar kontribusi aktif yang telah diberikan pihak sekolah sangat membantu dalam mencetak generasi muda bangsa akan pentingnya pajak untuk bangsa.

 

“Terima kasih kepada SMP Kristen Petra 1 Surabaya dan SMP Margie Surabaya yang telah berpartisipasi dan berkontribusi aktif dalam kegiatan Pajak Bertutur 2021 KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Komitmen untuk mendukung inklusi pajak perlu diperluas lagi agar semangat gotong royong dalam membangun Indonesia melalui pajak dapat terus dimaknai sebagai suatu wujud bela negara. Pengenalan pajak sangat penting untuk generasi penerus bangsa. Pendidikan, Pembangunan, dan fasilitas kesehatan yang diberikan Negara berasal dari APBN yang 80% bersumber dari Pajak. Sadar pajak merupakan wujud cinta kita untuk bangsa, “ ungkapnya. (Afi).