BDS KPP Pratama Tuban Cetak Creatifitas Promosi Usaha Melalui Medsos

BDS KPP Pratama Tuban Cetak Creatifitas Promosi Usaha Melalui Medsos
BDS KPP Pratama Tuban Cetak Creatifitas Promosi Usaha Melalui Medsos

portaltuban.com - KPP Pratama Tuban telah sukses melaksanakan Business Development Servis melalui daring via zoom di kantornya pada Kamis (30/9), pagi.

 

Kegiatan dengan tema bangkit bersama UMKM tersebut menggandeng entrepenur muda berbakat asli warga Kota Ronggolawe, Kemal Khoirur Rohman. Bukan sekedar acara biasa, kali yang menyasak kreativitas UMKM ini langsung membahas topik Creative Marketer dan pembuatan konten Instagram dan video untuk membantu menjelaskan tentang promosi di Instagram.

 

Kemal yang juga inisiator creativehub Kabupaten Tuban itu juga sejak awal acara langsung menunjukkan kunci sukses dalam berusaha. Bahkan ditengah Pandemi yang serba sulit ini, dirinya juga ,memberikan contoh, dan teknik bangkit dari keterpurukan berwirausaha. Serta megajikan materi secara langsung kepada para peseta bagaimana cara mempromosikan dan membranding di Instagram.

 

Puluhan peserta ikut serta aktif dalam kegiatan tersebut. Bahkan tidak sedikit peserta dating dari luar kora, semisal usahawan dari Jawa Barat. Dengan dipandu oleh moderator Thopaz dan Abu selaku Penyuluh KPP Pratama Tuban.

 

Salah satu peserta, Wawan merasa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Dinilainya menarik dan memberikan pemahaman yang dapat diaplikasikan langsung untuk memajukan usaha UMKM.

 

“Semoga kedepannya ada lagi acara sejenis dengan tema-tema lain yang bermanfaat untuk kami UMKM agar dapat mengembangkan usaha, “ ujarnya

 

Dalam materinya, Kemal menjelaskan pentingnya melakukan branding terhadap produk UMKM. Sebab ini akan membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang disediakan. Dengan branding inilah maka nama produk maupun nama perusahaan mudah diingat oleh masyarakat. Apalagi jika mampu membuktikan kualitas, maka dipastikan tidak sulit menarik minat lebih banyak orang untuk membeli.

 

“Kepercayaan publik yang sudah terbangun dengan baik melalui strategi branding yang tepat akan menghasilkan keberhasilan mencapai target dan akan menstabilkan atau bahkan meningkatkan angka penjualan, “ serunya.

 

 

Dalam kesempatan ini, Kepala KPP Pratama Tuban, Arif Puji Susilo menjelaskan bahwa kegiatan BDS kali ini menunjukkan komitmen dan upaya yang kuat dari Direktorat Jenderal Pajak untuk melakukan Pembinaan kepada Wajib Pajak UMKM melalui program BDS. Yaitu kegiatan yang dirancang untuk memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap para pelaku UMKM untuk mendorong perkembangan usaha para pelaku UMKM.

 

Hal tersebut juga akan meningkatkan serta membantu pemerintah dalam hal mendongkrak roda perekonomian yang sehat. Di Indonesia baru memiliki 3,5% jumlah pengusaha, negara ASEAN rata-rata 4-5%, Singapura 7%.

 

Dengan mendorong pengusaha maka negara akan maju. Salah satu cara yang paling mudah bagi pengusaha baru adalah mencontoh success story dari praktisi. Di jaman sekarang, pengusaha sangat terbantu dengan adanya ecommerce dan medsos.

 

“Salah satu medsos yang sering digunakan promosi produk bagi pengusaha pemula adalah Instagram. MAka dari itu kami berkomitmen akan terus emndorong usaha kreatif agar lebih kreatif lagi. Sehingga muncul usahawan baru yang mampu bersaing sehat, “ ungkapnya. (Afi).