Bahayakan Pengguna Jalan, Biker Tuban Bersihkan Tumpahan Cor

Bahayakan Pengguna Jalan, Biker Tuban Bersihkan Tumpahan Cor

PortalTuban/ Tuban - Aksi sosial para biker yang tergabung dalam Forum Biker Tuban (FBT) patut mendapatkan apresiasi dan acungan jempol. Pasalnya, selama dua hari para biker ini rela menyisihkan waktunya untuk membersihkan cor yang tumpah di jalan dan sudah dalam kondisi mengering.

"Aksi bersih gundukan cor ini kami lakukan guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas, karena sangat berbahaya. Baksos ini kami lakukan mulai Sabtu kemarin hingga hari ini dengan dibantu Satlantas Polres Tuban," tutur Koordinator Aksi FBT, Farid Eko Harianto kepada wartawan, Minggu (19/9).

Aksi bersih tumpahan cor ini baru difokuskan di sepanjang Jalan Soekarno Hatta menuju Terminal Baru Tuban. Meski semuanya belum kelar, namun kegiatan ini akan diteruskan secara berkala. Sebab, saat disurvey ternyata masih banyak ditemukan gundukan tumpahan cor yang menempel di permukaan aspal jalan. Seperti, di sekitar tanjakan Koro dari Kecamatan Merakurak menuju Montong.

"Saat membersihkan tumpahan cor, kami menggunakan alat seadanya. Mulai palu, betel, linggis dan drill," imbuh Farid sapaan akrabnya.

Farid yang juga aktif di komunitas Pegiat Tuban itu menambahkan, selain membersihkan gundukan tumpahan cor, FBT bersama Satlantas Polres Tuban juga membagikan masker di Pasar Merakurak. Ditengah-tengah memberikan masker, masyarakat diminta selalu mematuhi prokes covid-19. Sebab, saat ini Kabupaten Tuban masih terjadi persebaran covid dan memberlakukan PPKM Darurat level 2.

"Kegiatan kita yang terakhir yaitu memberi tanda pada jalan-jalan yang rusak atau berlubang. Harapannya, dengan coretan pilox tersebut para pengguna jalan terutama sepeda motor tau bahwa jalan itu berbahaya," bebernya.

Sementara itu, Kanit Kamsel Satlantas Polres Tuban IPTU Sampir Santoso memberikan apresiasi yang luar biasa kepada rekan-rekan FBT. Menurutnya, kegiatan sosial ini merupakan bentuk sinergi antara polres dengan para biker di Kabupaten Tuban. Diharapkan, bakti sosial ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Apalagi saat ini masih ditengah pandemi Covid-19 sehingga masyarakat diminta tidak abai dan mematuhi prokes.

"Dengan bagi masker ini semoga masyarakat selalu sadar prokes covid. Sedangkan, bersih-bersih gundukan cor dan beri tanda jalan yang rusak itu semoga bisa mencegah laka lantas," pungkasnya.